Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop

Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop yang kita gunakan

Sebagai pemilik laptop sudah sewajarnya apabila kita mengetahui secara detail tentang spesifikasi laptop yang kita gunakan. Dengan cara mengetahui spesifikasi hardware laptop ini akan menjadi bahan pertimbangan kita saat hendak upgrade sistem operasi atau menginstal suatu software aplikasi. Misalkan saja ketika kita hendak menginstal game, maka kita perlu tahu apakah spesifikasi laptop kita itu sudah memenuhi sistem minimum yang dibutuhkan atau tidak. Apabila spesifikasi laptop kita lebih rendah dari hardware requirement yang dibutuhkan maka sudah barang tentu apabila kita memaksakan menginstal game tersebut tidak akan berjalan normal.


Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengetahui spesifikasi laptop yang kita gunakan. Mulai dari membaca spesifikasi laptop tersebut lewat website yang menjual atau me-review suatu laptop, menggunakan tool diagnostic bawaan Windows atau dengan menggunakan software aplikasi lainnya. Pada artikel ini akan dijelaskan cara  mengetahui spesifikasi laptop dengan menggunakan utility bawaan Windows 7 dan dengan menggunakan bantuan software PC-Wizard 2013.


Mengetahui Spesifikasi Laptop pada Windows 7


Sebenarnya cara ini juga bisa digunakan pada laptop dengan sistem operasi windows xp. Tool yang akan kita gunakan ini adalah DirectX Diagnostic Tool. Untuk memanggil tool ini pada Windows 7 caranya adalah dengan klik tombol Start lalu ketik: dxdiag pada kotak search programs and files. Atau dapat juga dipanggil secara manual, yaitu di "C:\Windows\System32" , cari dan double klik file "dxdiag.exe".


Pada jendela DirectX Diagnostic Tool ini terdapat 4 tab, utama yaitu:
  • System, berisi informasi sistem operasi yang terinstall, type motherboard, BIOS, processor, memory dan directX version.
  • Display, berisi informasi tentang display device, display driver dan directX features.
  • Sound , informasi mengenai sound card yang terpasang dan driver yang digunakan
  • Input, berisi informasi tentang input device apasaja yang terpasang pada laptop atau komputer.
Informasi yang lebih lengkap dari tool dxdiag ini bisa kita simpan kedalam file dalam format.txt dengan cara: klik tombol Save All Information.

Mengetahui Spesifikasi Laptop menggunakan program PC-Wizard 2013

Cara yang kedua untuk mengetahui spesifikasi laptop yang kita gunakan adalah dengan menggunakan tool hardware diagnostic, seperti diantaranya adalah aplikasi PC-Wizard 2013. Aplikasi ini menyajikan informasi yang lebih detail tentang spesifikasi hardware laptop yang terpasang bahkan bisa digunakan untuk memonitor sejumlah hardware dan melakukan benchmark sederhana.

Tool PC-Wizard 2013 merupakan freeware yang dapat kita download dari situsnya langsung yaitu:http://www.cpuid.com/softwares/pc-wizard.html. Software ini bahkan tersedia dalam versi portabel, sehingga kita tidak perlu menginstallnya. Download PC-Wizard yang dalam bentuk .zip file, ekstrak dan jalankan file "PC Wizard.exe"



Untuk melihat spesifikasi hardware kita cukup meng-klik menu hardware pada jendela sebelah kiri. Dalam menu hardware ini terdapat beberapa icon seperti system summary (yang berisi informasi ringkas seluruh hardware) dan icon-icon hardware detail lainnya seperti motherboard, processor, video card, hardisk, monitoring besarnya tegangan (voltage) dan temperatur pada processor dan hardisk.

Demikianlah cara untuk mengetahui spesifikasi laptop yang kita gunakan dengan menggunakan tool dxdiag dan aplikasi pc wizard. Informasi yang diperoleh dengan kedua tool ini bisa kita gunakan sebagai perbandingan misalnya dengan spesifikasi laptop yang terapat pada brosur, ataupun sebagai bahan pertimbangan saaat hendak meng-upgrade os atau meng-instal suatu software.

.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.