Cara Mengatasi Android Bootloop, Mati Total, dan Tidak Mau Start

Cara Mengatasi Android Bootloop, Mati Total, dan Tidak Mau Start – Smartphone Android bootloop, mati total, atau secara tiba-tiba tidak bisa restart seringkali terjadi dan dialami para pengguna Android. Masalah ini kerap membuat panik, dan putus asa. Bagaimana cara mengatasi smartphone Android boot loop, atau mati total ?
Cara mengatasi Android bootloop paling sederhana dan mudah adalah mengembalikan ke “setelan pabrik” atau “ Factory Reset “ melalui Recovery Mode.
Buat Anda yang belum tahu Factory Reset, perlu kami jelaskan, bahwa Factory Reset adalah mengembalikan setelan smartphone Android pada kondisi awal, seperti saat pertama kali beli, alias setelan langsung dari pabrik.




Beberapa Jenis Bootloop Android yang pelu diketahui :
Pertama, Android Light Bootloop
Biasanya karena pengguna ponsel Android,tablet pada saat pemakain normal,Install Aplikasi, main game, dsb, tapi tiba-tiba Android, Tablet anda Reboot atau Restart otomatis, namun saat dihidupkan lagi hanya sampai logo saja dan berhenti disitu.
Kedua,Android Medium Bootloop
Biasa mucul akibat pengguna mengutak-atik Android dan masuk ke System Recovery, yang biasa digunakan untuk membuka system (rooting). Ini termasuk kategori kerusakan menengah.
Ketiga, Android Hard Bootloop
Android hard bootloop terjadi karena kita mengedit sricpt dalam Android . Contohnya, Meng-upgrade OS, biasanya jika kita bermaksud mengedit sricptnya kita harus rooting Android kita supaya bisa masuk ke system admin android. Bootloop Android jenis ini biasanya memiliki ciri saat dinyalakan hanya sampai logo saja, tak bergerak lagi.
Umumnya hampir setiap permasalahan pada HP dan tablet Android bisa diatasi dengan melakukan langkah Factory Reset. Namun, langkah ini bisa berdampak pada kehilangan data-data penting yang telah di-install sebelumnya, sehingga perlu melakukan install ulang.
Sebaiknya, lakukan Factory Reset sebagi opsi terakhir, jika semua alternatif solusi sudah dilakukan dan belum berhasil. Jika yakin, tidak ada solusi dan cara mengatasi android boot loop, mati total, atau tidak bisa start, maka Anda bisa melakukan langkah “Factory Reset” dengan cara berikut :

Cara mengatasi Android Bootloop

Masuk ke menu Setting>> Privacy >> Factory Data Reset
Jika smartphone/HP/Tablet Android mati total, sama sekali tidak mau restart, bagaimana cara mengatasinya ?.
Lakukan “Factory Reset” dengan melalui prosedur Recovery Mode.
Recovery Mode adalah, pilihan solusi melalui menu pilihan yang bisa digunakan untuk memperbaiki kerusakan software pada Android.
Tidak semua HP/tablet Android tersedia menu tersebut, maka bisa menggunakan buatan pihak lain, seperti ClockwordMod Recovery atau xRecovery .

Apa sih fungsi Recovery Mode. Jika Smartphone Android, tablet Android Anda mengalami masalah sebagai berikut :
  1. Jika tablet/HP Android tidak bisa start atau berhenti dan sampai di logo saja (biasa disebutbootloop Android). Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya akibat ada aplikasi error, bisa juga karena baru saja menginstall aplikasi yang tidak kompatibel dengan tipe handphone (dalam banyak kasus, setelah menginstall font changer).
  2. Dalam kasus HP/tablet/smartphone Android dapat dihidupkan, tapi tidak mau meresponinput dari pengguna, misalnya layar Android tidak mau disentuh atau tidak dapat masuk ke menu telepon / tablet.
  3. Bila Anda lupa PIN, Password atau Anda terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pattern) pengunci ponsel Android yang menyebabkan Anda tidak dapat masuk ke menu.
  4. Kerusakan-kerusakan software Android lainnya.

Cara Mengatasi Android bootloop, mati total, tidak mau start


Cara melakukan factory reset via recovery mode secara ringkas dapat dijalankan dengan dua langkah berikut.
Tahap 1: Masuk ke recovery mode
Masuk ke menu recovery mode Android, matikan dulu handphone / tabletnya > tekan dan tahan beberapa tombol Android secara bersamaan (misalnya tombol vol Up + Vol Down + power secara bersamaan) > selanjutnya masuk ke dalam recovery mode.
Catatan : Cara masuk recovery mode (tombol yang harus ditekan)  bisa berbeda-beda antara satu tipe HP dengan tipe lainnya.
Tampilan Recovery mode hanya berupa tulisan saja. Dalam menu recovery mode,  biasanya Anda tidak dapat menggunakan touch screen, atau tidak berfungsi. Untuk keperluan navigasi naik dan turun, Anda bisa menggunakan tombol volume (tergantung tipe handphone Android).
Tahap 2: Lakukan Wipe Data / Factory Reset
Setelah berada pada menu recovery mode, pilihlah fitur “Wipe Data / Factory Reset” selanjutnyarestart handphone Anda.
Untuk memudahkan Anda, berikut kami berikan contoh cara melakukan factory reset pada handphone Android Samsung Galaxy Young:
  1. Seabiknya daya baterai masih cukup (minimal 70%)
  2. Matikan handphone
  3. Tekan secara bersamaan dan tahan tombol Volume Up + tombol HOME + tombol Powerbeberapa detik > selanjutnya masuk ke menu recovery mode Android
  4. Gunakan tombol Volume, arahkan kursor hingga berada di tulisan “Factory reset / wipe data”
  5. Tekan tombol HOME untuk memulai proses > tunggu sesaat, dan harap sabar saat proses berlangsung
  6. Reboot handphone
Jika Anda mengalami boot loop pada handphone/tablet Android, demikian juga jika Anda lupa akan password atau pengunci pola handphone Android, yang perlu Anda lakukan hanyalah masuk ke recovery mode > lakukan Factory Reset / Wipe data. 
Untuk masuk ke dalam menu Recovery Mode, hanya dapat dilakukan pada kondisi handphone mati (off)
Pada masalah HP Android Bootloop, jika factory reset ternyata tidak bisa mengatasi masalah boot loop atau Android tetap tidak bisa masuk ke menu, maka solusi yang biasa dilakukan adalah dengan cara melakukan flash firmware, atau install ulang sistem operasi handphone).


Demikianlah penjelasan tentang cara mengatasi android bootloop, mati total, dan tidak mau start, semoga membantu memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.