Sejarah Perkembangan IOS

Sejarah Perkembangan iOS dari Awal Sampai Versi Terbaru

Sistem operasi dari Apple, iOS, merupakan salah satu sitem Operasi yang cukup populer. Meskipun sistem operasi
cenderung eksklusif, tetapi terbilang sukses. Terbukti dari laku kerasnya perangkat Apple yang menggunakan iOS, Padahal,
awalnya iOS ini adalah sistem operasi untuk produk ponsel cerdas, iPhone. Namun,iOS kemudian diterapkan pada produk Apple lainya, seperti iPad.iPod Touch, bahkan Apple TV. Terbaru,jam tangan dari Apple pun akan menggunakan iOS


Dari uraian tersebut,terlihat bahwa iOS pada dasarnya adalah sistem operasi yang cukup unggul. Sistemoperasi ini juga cukup bersaing ketat soal fitur dengan Android. Lantas, bagaimana iOS pada awalnya bisa berkembang? Berikut penjelasanya

Versi Pertama iOS

Tahun 2007, Steve Jobs pertamakali memperkenalkan iPhone. Satu itu, Steve Jobs menyematkan iOS versi pertama pada produk ponsel cerdas pertama bersatu Apple tersebut. Versi pertama iOS dari OS X. Sistem operasinya sendiri saat itu masih tertutup untuk perkembangan pihak ketiga. Kemuian Apple merilis iPhone 2G yang juga mengusung iOS versi 1.0

Versi Kedua iOS

September 2007, Apple merilis iOS 2.0. Versi inilah yang membuat perangkat iPhone menjadi terkenal. Pasalnya , pada versi ini dukungan pihak ketiga telah terbuka.Artinya, pengembangan bisa membuat aplikasi pendukung di sistem operasi. Hal itu berarti, App Store baru ada ketika iOS 2.0 meluncur. Namun, pengguna baru bisa merasakan sistem yang baru ini pada Juli 2008 saat iPhone 3G diluncurkan.

Versi Ketiga iOS

Apple kemudian membesut perangkat iPhone 3GS. Untuk mendukung perangkat ini, Apple meluncurkan sistem operasi generasi berkut, iOS 3.0. Pada sistem operasi ini, banyak fitur-fitur menarik seperti dukungan terhadap MMS, push notification, keyboard landscape, voice note, dan kompas. Sistem operasi ini juga telah mendukung IMAP dan shake to shuffle.

Versi Keempat iOS

Pada versi keempatnya, atau dikenal dengan iOS 4,Apple menyuntikan pembaruan yang cukup besar. Diantaranya adalah dukungan multitasking yang lebih efektif agar baterai lebih hemat, pengaturan menyalakan dan mematikan data seluler, penambah dukungan fitur pada foto, pengaturan playlist yang lebih kreatif,serta dukungan passcode. Tentunya,penambahan fitur yang banyak ini membuat sistem operasi yang diliris tahun 2010 termasuk salah satu sistem operasi Apple yang cukup bagus.

Versi Kelima iOS

Pada versi kelimanya, iOS juga membawa fitur yang cukup banyak. Fitur-fitur yang ada di iOS 5 ini cukup penting. Contohnya adalah iMassage,kemudian mengambil foto dengan menekan tombol, serta notifikasi yang muncul pada bagian atas. Fitur notifikasi inilah yang cukup menarik karena kemudahan pengguna dalam membaca informasi yang masuk. Selain itu , pada iOS 5 ini juga terdapat dukungan cloud storage, sinkronisasi iTunes melalui jaringan Wi-Fi,serta kehadiran Siri. Siri merupakan perubahan terbesar yang ada di iOS 5, Pasalnya, kehadiran Siri cukup membawa perubahan penggunaan teknologi karena Siri adalah aplikasi asisten pintar untuk pengguna. Sistem operasi iOS 5 cukup populer lantaran produknya, seri iPhone 4S cukup laku di pasaran.

Versi Keenam iOS

Versi keenam iOS yang dirilis pada tahun 2012 cukup membawa masalah. Masalah yang cukup serius adalah tidak didukungnya Google Maps, aplikasi peta terkenal yang banyak digunakan. Apple mencoba menggantinya dengan Apple Maps. tetapi aplikasi dianggap kurang baik oleh pengguna. Terlepas dari masalah yang ada, iOS 6 membawa fitur menarik seperti integrasi Facebook, fitur Facetime, notification center, serta metode pembayaran Passbook.

Versi Ketujuh iOS

Diperkenalkan tahun 2014, iOS 8 membawa aplikasi bernama Health. Pada sistem operasi ini juga terdapat peningkatan fitur pada foto, dukungan iCloud Drive, fitur berbagi konten untuk keluarga, aktivasi Siri suara, sertapengetikan yang lebih cepat lewat Quicktype. Sistem operasi ini juga hadir dengan desain antarmuka yang lebih flat dibandingkan sebelumnya.

Lantas, bagaimana dengan iOS versi selanjutnya? Tampaknya, iOS 9 akan segera meluncur pada tahun 2015 ini. Seperti apakah tampilan dan fiturnya? Kita tunggu saja.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.